Kinesiotherapy for beginner




Kinesiotherapy for beginner

Otot, sendi dan tulang merupakan kerangka tubuh manusia, masing-masing mempunyai fungsi yang penting dan bekerja sama untuk menghasilkan gerakan. Sakit pada otot & sendi bermacam ragam penyebanya, dengan pemeriksaan dan terapi yang tepat rasa sakit akan berkurang sehingga dapat melakukan aktifitas kembali. Pemeriksaan pada gangguan otot dan sendi akan membantu dalam menganalisa penyebab sakit pada seseorang. Pemeriksaan meliputi : pemeriksaan posture (sikap tubuh ), Pemeriksaan rentang gerak - ROM, pemeriksaan palpasi statis, dan pemeriksaan tambahan.

Kinesiotherapy for beginner membantu mengenali anatomi dan fungsi pergerakan. Anatomi dan fungsi otot , sebagai alat gerak aktif, membantu mempertahankan posture dan memperkuat otot & sendi, akan diperlihatkan dengan slide dan informasi kegiatan sehari-hari. Mengenal Jenis-jenis otot di dalam tubuh yang terdiri dari otot polos, otot jantung dan otot rangka. Anatomi dan fungsi tulang, sebagai jaringan yang hidup, merupakan bentuk yang keras dan menyusun sebagaian besar skeleton. Tulang mempunyai fungsi penting sebagai penopang tubuh dan melindungi ronga-ronga vital. Anatomi dan fungsi sendi, sebagai penghubung antar tulang atau tempat dimana dua tulang bertemu. Dengan adanya sendi, kaki dan tangan dapat diputar atau dilipat. Tanpa sendi kita akan sulit bergerak atau tidak bisa bergerak.

Pergerakan ROM yang terdiri dari Pergerakan tulang belakang ; Cervical, Thoracolumbal dan Pelvis. Pergerakkan ekstremitas atas dan bawah akan dibahas. Untuk mempelajari lebih lanjut per-regio dapat mengikuti course yang telah disediakan. Bergerak merupakan salah satu syarat utama agar ruang sendi di pakai dengan optimal.

Penting sekali mengetahui basic pergerakan sehingga dapat melakukan self check dan self care untuk tubuh kita sendiri dan tentunya untuk keluarga dan komunitas.

Sering kita mendengar gangguan atau masalah otot & sendi namun sudah terlanjur tidak bisa diatasi, solusinya adalah melakukan pemeriksaan yang berkala sejak dini agar mencegah kerusakan yang terjadi di otot dan sendi.


Kinesiotherapy berarti terapi pergerakan, yang akan membantu seseorang mempunyai gerakan yang nyaman dan sehat.

Url: View Details

What you will learn
  • Kinesio yang berarti pergerakan, dengan course ini mempelajari komponen dari tubuh yang digunakan untuk bergerak.
  • Pergerakan yang sehat membutuhkan kerjasama dari organ-organ yang saling berhubungan satu dengan yang lain
  • Pengenalan basic struktur tubuh / anatomi untuk memahami cara kerja atau fisiologi dari tubuh manusia

Rating: 4.55

Level: Beginner Level

Duration: 2.5 hours

Instructor: Dr. Tinah Tan FICC


Courses By:   0-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z 

About US

The display of third-party trademarks and trade names on this site does not necessarily indicate any affiliation or endorsement of coursescompany.com.


© 2021 coursescompany.com. All rights reserved.
View Sitemap