Analisis Kinerja Keuangan




Analisis Kinerja Keuangan

Banyak perusahaan tiba-tiba runtuh ketika negeri ini dihempas badai krisis moneter dan ekonomi yang tidak berkesudahan. Namun ada juga perusahaan yang mampu bertahan, bahkan bisa tumbuh dan berkembang. Semua itu ada taktik dan strateginya. Salah satu langkah kuncinya adalah pengelolaan keuangan yang efektif dan efisien serta bagaimana mencermati kondisi dan kinerja keuangan perusahaan.

Perusahaan dikatakan memiliki kinerja yang maksimal apabila perusahaan mampu menciptakan value bagi stakeholdernya. Kinerja adalah hasil yang diperoleh atas pemaksimalan penggunaan sumber daya yang dimiliki perusahaan, melalui proses pengambilan keputusan oleh individu-individu di dalam perusahaan. Pengambilan keputusan tersebut terkait dengan penggunaan aset – aset perusahaan dalam aktivitas operasional perusahaan sebagai upaya memaksimalkan laba dan menciptakan nilai bagi pemegang saham dan stakeholder secara keseluruhan. Dalam upaya menciptakan stakeholder ini, perusahaan akan memaksimalkan asset yang dimiliki, baik itu asset keuangan, harta tetap, harta tidak berwujud ataupun sumber daya manusia. Yang termasuk stakeholder perusahaan atau pihak – pihak yang berkepentingan di perusahaan dibagi menjadi dua, yaitu internal stakeholder (owner, employee, manager) dan eksternal stakeholder (customer, society, government, pressure group, media, supplier). Dalam upaya menciptkan value bagi stakeholder ini penting bagi perusahaan memperhatikan lingkungan perusahaan yang berisikan factor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan.

Lingkungan perusahaan itu sendiri dibagi menjadi dua, yaitu lingkungan internal dan lingkungan eksternal, lingkungan internal perusahaan terdiri dari keuangan dan sumber daya manusia. Keuangan sangat berpengaruh pada kinerja perusahaan, karena semua aktivitas, proses bisnis perusahaan butuh pembiayaan. Salah satu penyebab tutupnya bisnis perusahaan karena buruknya perencanaan ataupun tata kelola keuangan. Sedangkan asset penting di perusahaan adalah sumber daya manusia, karena asset-aset lainnya dimaksimalkan oleh manusia, oleh karena itu sumber daya manusia perusahaan harus kompeten, harus menjadi pembeda antara perusahaan dan pesaing. Lingkungan eksternal terdiri dari lingkungan eksternal mikro dan lingkungan eskternal makro. Di dalam lingkungan eksternal mikro ada pesaing, distributor, konsumen, dan pemasok. Sedangkan lingkungan ekternal makro, diantaranya geografi, kependudukan, politik, pertahanan, keamanan, serta hubungan Internasional.


Pada kursus ini akan dibahas mengenai

· Analisis Kinerja Keuangan

· Alat-Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan

· Analisis Common Size

· Analisis Index

· Analisis Rasio Keuangan

· Budgeting



Trainer

Dito Rinaldo

Dosen Manajemen Keuangan

Analisis Kinerja Keuangan

Url: View Details

What you will learn
  • Analisisi Kinerja Keuangan
  • Alat-Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan
  • Analisis Common Size

Rating: 4.91667

Level: All Levels

Duration: 3 hours

Instructor: Academy Dbeyond


Courses By:   0-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z 

About US

The display of third-party trademarks and trade names on this site does not necessarily indicate any affiliation or endorsement of coursescompany.com.


© 2021 coursescompany.com. All rights reserved.
View Sitemap