Dasar Dasar Manajemen Keuangan




Dasar Dasar Manajemen Keuangan

Manajemen keuangan adalah salah satu kendaraan penting dalam mencapai tujuan finansial sebuah perusahaan. Manajemen keuangan penting dipelajari untuk banyak orang yang hendak menggunakan uangnya se-efektif dan se-efisien mungkin, terlebih bagi mereka yang hendak berbisnis. Manajemen keuangan adalah salah satu bidang yang fokus pada penggunaan modal, uang pinjaman, dan dana bisnis lainnya secara efisien dan efektif serta proses pengambilan keputusan yang tepat untuk memaksimalkan keuntungan dan penambahan nilai suatu entitas. Manajemen keuangan perusahaan merupakan salah satu kunci kesuksesan sebuah perusahaan. Keuangan adalah dasar operasional perusahaan yang harus dikelola dengan baik. Pengelolaan keuangan yang buruk tentu dapat mengakibatkan kerugian dan pada tahap ekstrem dapat menghentikan jalannya sebuah perusahaan. Kunci dalam manajemen keuangan perusahaan adalah pengelolaan kas perusahaan dengan tepat. Perusahaan harus dapat menjamin bahwa dana kas yang dianggarkan dapat digunakan sesuai dengan tujuan dan rencana keuangan yang telah dirancangkan sebelumnya.

Manajemen keuangan memiliki beberapa lingkup, yakni:

1. Keputusan investasi, yang mencakup investasi pada aset tetap dan investasi pada aset lancar yang disebut keputusan modal kerja.

2. Keputusan finansial, ini berhubungan dengan peningkatan keuangan dari berbagai sumber, tergantung pada keputusan mengenai jenis sumber pendanaannya, periode pembiayaan, biaya, dan imbal hasil.

3. Keputusan dividen, seorang manajer keuangan harus bisa mengambil keputusan yang berkaitan dengan distribusi laba bersih kepada dua bagian, yakni kepada pemegang saham dan retained profit atau laba yang ditahan.

Manajemen keuangan meliputi aktivitas perencanaan keuangan, pengambilan keputusan dalam menggunakan uang perusahaan hingga pengawasan jalannya arus keuangan.Dalam dunia usaha, kinerja utama diukur dari kemampuan suatu bisnis mencapai kinerja keuangannya. Untuk dapat mengelola usaha dengan baik, dan untuk mengerti bagaimana pengukuran kinerja keuangan, penting untuk mengerti konsep dasar Manajemen Keuangan serta faktor-faktor yang mempengaruhi dunia usaha. Dalam materi pelatihan ini, konsep-konsep dan terminologi dasar Manajemen Keuangan akan diulas dan dipaparkan dalam konteks praktis pengelolaan usaha. Diharapkan, setelah mengikuti training ini, peserta mampu mengerti konsep Manajemen Keuangan, baik dalam perspektif manajemen, investor, maupun sebagai pemangku kepentingan lain dari dunia usaha (pengamat, pegawai, dll).


Trainer

Maria Narulita

Dasar Dasar Manajemen Keuangan, Finance Flagship

Url: View Details

What you will learn
  • Organisasi & Kepemilikan Bisnis
  • Akuntansi Manajemen & Perilaku Biaya
  • Konsep Dasar Manajemen Keuangan

Rating: 4.4

Level: Beginner Level

Duration: 2.5 hours

Instructor: Academy Dbeyond


Courses By:   0-9  A  B  C  D  E  F  G  H  I  J  K  L  M  N  O  P  Q  R  S  T  U  V  W  X  Y  Z 

About US

The display of third-party trademarks and trade names on this site does not necessarily indicate any affiliation or endorsement of coursescompany.com.


© 2021 coursescompany.com. All rights reserved.
View Sitemap